Rabu, 02 Januari 2013

Cerita Tentang Bintang



       Ada banyak sinar yang dikeluarkan benda-benda langit. Matahari ada, tapi enggak…..matahari kan butuh bulan, bulan? Kaya’ nya enggak juga…bulan kan butuh bintang. Bintang?? Iya…ya..bintang, bintang bisa bersinar mandiri. Dia lah yang punya sinar bijak, menyinari tetapi tidak menyakiti.
      Malam itu aku menatap langit. Ada banyak bintang disana. Disisi kiri baaaaaanyak banget, yang besar, yang kecil, yang terang, yang redup……terus aku tanya ketemen yang juga sama suka natap bintang. ”kamu pilih mana?” dia jawab “yang itu…” sambil nunjuk bintang diisin kiri yang paling bear dan terang bersinar, “Trus apa bintang yang paling kamu suka?”  “Sirius…karena paling terang bersinar”     “kamu?....” tanyanya balik. Aku diem, tak ada satu pun bintang yang menarikku disisi kiri, apalagi bintang seperti irius yang benar-benar spektakuler, tapi entahlah…..aku tak berminat.
      Aku mengdarkan pandangan sampai isi kanan. Aku takjub melihat satu bintang kecil bersinar redup dan sendirian disana…..habat!!!!  “aku pilih itu!” jari ku menunjuk bintang kecil itu. Temanku kaget, “kenapa?”  “karena bintang kecil itu istimewa, walupun sinarnya redup dia mau dan mampu bersinar dilangit yang gelap, sendiri, dan dia juga berkorban untuk menerangi langit kanan” Teman ku menatapku lekat-lekat. “ceritakan tentang bintang itu…”pintanya.
” dengar….semua ingin menjadi bintang yang besar dan bersinar paling terang, itu sudah biasa…coba kamu lihat bintang kecil yang tak pernah dipilih orang padahal dia punya power yang luar biasa “    “ aku dapat, lanjutkan”
“umpamakan bintang itu manusia, jadilah seperti bintang kecil itu, walaupun kamu tak punya sinar yang terang, tetaplah bersinar..tersenyumlah…jika kamu punya sinar walaupun redup, ajaklah yang lain untuk bersinar…itu mulia…jika kamu seperti bintang kecil itu, kamu akan tetap bersinar dilangit gelap walupun sendirian, dan kamu telah berkorban jauh dari kolonimu untuk menghiasi langit yang kosong dengan sinar redupmu….percayalah….sinarmu akan terlihatlebih terang..”  “lalu bagaiman dengan sirius atau bintang hebat yang mampu membentuk rasi nebula?”
Aku tertawa……..
“tetaplah jadi bintang kecil itu, walaupun tak terkenal dan tak punya nama, itu akan mendapat pujian hebat dari dewa bintang….tak usah pikirkan apa yang bisa kamu hasilkan, lakukan dan berbuatlah apa yang bisa kamu lakukan, itu akan membentuk rasi yang lebih indah dari nebula”
     “aku mau jadi bintang kecil itu….”ucap temanku bangga.
”KAMU?????”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar